Tuesday, October 6, 2009

Internet historycal and facility


pada tahun 1970'an, perkembangan teknologi informasi yang sangat menakjubkan terjadi. Konvergen antara teknologi komputer dan telekomunikasi terbentuk dan melahirkan sebuah teknologi baru yang sangat dahsyat, yaitu Internet.

semakin hari jaringan Internet berkembang bagaikan magnit yang sangat besar dan kuat.oleh karena itu, semakin hari jaringan maupun komputer-komputer pribadi yang bergabung menjadi satukesatuan jaringan makin bertambah pula.

Internet semakin kaya dengan aneka layanan, antara lain: elektronik mail,mailing list, USENET,newsgroup,file transfer protocol,tellnet,bulletinboard service,WWW,Internet telephony, dan Internet Fax.

elektonik mail: jenis layanan internet yang populer yaitu layanan surat elektronik. layana dapat digunkan untuk mengirim dan menjawab pesan, mengirim file sebagian bagian dari e-mail, dan berlangganan berita pada group diskusi yang diminati

mailing list: Daftar orang yang menerima email secara periodik untuk topik khusus.

USENET:layana internet berupa bulletinboard service pengguna dapat bertukar informasi di dalamnya.

Newsgroup: sarana konferensi elektronik jarak jauh bagi para pengakses internet berdasarkan kompetisi atau bidang tertentu.

File transfer protocol: metode bertransfer file dengan menggunkan internet. pada umunya metode untuk mengupload file ke server lain. kemudian server mengirimkannya ke pengguna yang dituju.

telnet: fasilitas yang seolah-olah menghubungkan langsung komputer pengakses dengan komputer rekannya dengan internet.

bulletin board service: suatu pusat pelayanan informasi yang meneyediakan pelayanan berbagai bidang

world wide web:aplikasi dan layanan internet yang menyangkup sumber daya multimedia.

internet telepony: asilitas yang memungkinkan pengguna internet dapat bercakap-cakap dengan pengguna internet seperti layaknya di pesawat telepon

internet fax: layana internet untuk mengirimkan fax yang biasa memakai faximili.

0 comments: