Tuesday, October 6, 2009

Internet On the Modern Company


Sudah saatnya perusahaan untuk bertransformasi menuju perusahaan modern berbasis internet dan membangun aliran informasi secara digital,baik didalam lingkup perusahaan maupun dengan pihak2 eksternal yang terkait dengannya.Teknologi Informasi, khusunya jaringan komputer da Internet, dapat digunakan untuk meningkatkan dan mempelancar aliran informasi yang merupakan darah nadi perusahaan.

perusahaan dapat bertransformasi menuju perusahaan modern berbasis internet,yaitu dengan mendigitalkan hampir semua proses bisnis dan hubungan dengan pelanggan, pemasok mitra kerja dan pihak internal perusahaan yang meliputi properti entelektual, kompetensi utama, keuangan dan sumber daya manusia(laudon,2004,hlm 6).

Pembentukan perusahaan modern berbasis internet seperti yang diidelakan tentu saja tidak dapat dibuat sekali jadi, malainkan secra bertahap. pada mulanya perusahaan perlu membangun sistem jaringan komputer lokal perusahaan. sistem jaringan pada setiap unit atau depatmen secara terencana dapat digabungkan menjadi satu kesatuan sistem jaringan perusahaan.

selanjutnya,perusahaan perlu mengoptimalkan pemanfaatan ketersediaan infrastruktur digital,salah satu caranya adalah mendigitalisasi seluruh sistem informasi perusahaan agar siap mengalirkan informasi secara otomatis dan terpadu.

dan tahap berikutnya perusahaan dapat memepersiapkan pembangunan hubungan ke jaringan internet.disini perusahaan perlu menambah peralatan, mendaftar diri keperusahaan penyedia layanan internet, dan yang lebih penting menyiapkan karyawan agar siap memasuki dunia internet yang sarat informasi.

perusahaan dapat mulai dengan merancang dan membangun web yang akan menjadi tempat berbisnis.Tampaknya hal demikian seperti permainan belaka.namun sebenarnya halaman web berfungsi seperti front office yang sebenarnya, yaitu memberikan layanan pada konsumen dan pelanggan.sistem bisnis tampak unik karena perusahaan seakan hanya bermain game.

0 comments: