Friday, December 11, 2009

Perilaku Dalam Organisasi_TanyaJawab


Soal-soal
1. Jelaskan unsur-unsur pembentuk suatu organisasi
2. Jelaskan apa yang dimaksud model strategi untuk organisasi SDM
3. Sebutkan gejala – gejala individu yang dialami ditempat kerja
4. Jelaskan teknik memotifasi karyawan be good dan be strong
5. Bagaimana cara mengelola stress
6. Apa yang dimaksud dengan pola komunikasi hirarki dalam suatu organisasi, sebutkan elemen –elemen komunikasi
7. Jelaskan staff kepemimpinan yang sukses
8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan performance appresaisal
9. Faktor –faktor apa yang dinilai dalam performance aprasaisal dengan metode rating skills
10. Sebutkan ciri-ciri sistem pemberian imbalan yang baik
11. Sebutkan dimensi organisasi yang mempengaruhi perilaku
12. Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi penyusunan desain struktur organisasi
13. Jelaskan langkah – langkah manajemen manusia
14. Jelaskan kriteria pengukuran efektivitas organisasi
15. Jelaskan kelebihan dan kekurangan struktur organisasi matriks
16. Jelaskan kelebihan dan kekurangan struktur organisasi fungsional
17. Apa yang dimaksud dengan smart of control
18. Jelaskan job description divisi teknologi Informasi
19. Jelaskan job deskription divisi keuangan
20. Apa yang dimaksud dengan demosi,mutasi dan promosi.









Jawaban
1. Unsur – unsur pembentuk sebuah organisasi:
• Kumpulan 2 orang atau lebih
• Berinteraksi dan bekerjasama
• Mencapai tujuan bersama
2. Menekankan pentingnya perbaikan yang berkesinambungan di semua aspek usaha organisasi, yang berpusat pada pemberdayaan SDM, produk,proses dan produktivitas
3. Gejala individu ditempat Kerja
• Kepuasan kerja rendah
• Kinerja menurun
• Semangat dan energi hilang
• Komunikasi tak lancar
• Pengambilan keputusan jelek
• Kreatifitas dan inovasi berkurang
• Bergulat pada tugas – tugas yang tidak produktif
4. Teknik memotivasi “be strong”
• Pemaksaan
• Pengawasan secara ketat
• Perilaku pekerja diarahkan secara insentif dan ancaman hukuman
• Tugas dibuat dalam operasi – operasi yang sederhana dan mudah dipelajari
Teknik memotivasi “be good”
• Otonomi
• Tanggung jawab
• Keterlibatan
• Pemberdayaan
• Kesempatan untuk berkembang
• Meaningful & challenging works
5. Mengelola stress lewat sikap (attitudes)
• Bersikap realistis
o Cita – cita
o Harapan – harapan
o Tujuan – tujuan
• Bersikap positive / orientasi kedepan
• Mengelola waktu dengan baik.

Mengelola stress lewat kebiasaan (habit)
o Melakukan pelemasan dan ketegangan
o Menyenangkan diri sendiri
o Istirahat yang cukup
o Melakukan olahraga secukupnya
o Makan dengan sehat
o Berkomunikasi dengan efektif
6. Jenis komunikasi dalam organisasi
o Komunikasi formal
o komunikasi yang berjalan secara formal melaui kerangka struktur organisasi
o Komunikasi informal
o Komunikasi yang berjalan melaui “jalur tersembunyi” dalam organisasi
Komponen komunikasi
o Pengirim/penerima
o Pesan
o Pengkodean/penafsiran kode
o Saluran
o Umpan balik/umpan depan
o Gangguan
o Konteks
7. Ciri – ciri kepemimpinan yang sukses
o Adaptable to situation
o Alert to social environment
o Ambitous and acievment oriented
o Assertive
o Cooperatif
o Decisif
o Dependable
o Dominant (desire to influence other)
o Energetic (high actiyvity level)
o Persistent
o Self-confident
o Tolerant of stress
o Willing to asume responsibillity

8. Performance appraisal
Penilaian secara sistematis mengenai hasil pekerjaan, diri karyawan dan potensinya yang dapat dikembangkan lebih lanjut

9. Faktor – faktor yang dinilai dalam dalam rating scale
o Hasil pekerjaan
o Mutu pekerjaan
o Pengetahuan tentang pekerjaan
o Kreativitas
o Kemampuan komunikasi dengan pihak lain
o Sikap
o Ketergantungan
o Kepemimpinan
10. Sistem pemberian imbalan
o Pentingnya reward system:
 Seringkali merupakan komponen ongkos terbesar bagi perusahaan.
 Merupakan daya tarik untuk mendapatkan tenaga kerja yang baik / bermutu
 Menghindarkan munculnya ketidak puasan karyawan.
 Dapat menumbuhkan loyalitas
 Merangsang peningkatan produktivitas karyawan.
11. Dimensi organisasi yang mempengaruhi perilaku
• Formalisasi
• Spesialisasi
• Standardisasi
• Sentralisasi
• Hirarki kekuasaan (otoritas)
• kompleksitas
• profesionalisme
• konfigurasi
12. faktor –faktor dalam desain organisasi
• environment
• technology
• tujuan organisasi
• strategi organisasi
• work force (tenaga kerja)
• size (ukuran organisasi)
13.
14. pengukuran efektifitas organisasi:
• pedekatan sumber – proses – sasaran
• pendekatan constituency
15. kekurangan struktur organisasi matriks
• adanya wewenang ganda menyebabkan munculnya kebingungan
• menghabiskan banyak waktu untuk koordinasi
• hanya bisa bejalan jika hubungan bersifat kolegial bukan vertical
kelebihan struktur organisasi matriks
• mampu mencapai tingkat koordinasi yang diperlukan untuk menjawab tuntutan ganda lingkungan
• dapat memanfaatkan karyawan secara fleksibel
• sesuai untuk pengembalian keputusan yang sifatnya rumit serta lingkungan yang tidak setabil
• sangat sesui untuk organisasi ukuran sedang
16. kelebihan struktur organisasi fungsional
• paling sesuai untuk lingkungan yang stabil
• dapat mencapai skala ekonomis pada masing – masing bagian
• merangsang berkembangnya keterampilan yang bersikap fungsional
• sesui untuk organisasi berukuran kecil sampai sedang
• baik bagi organisasi yang menghasilkan satu atau sejumlah kecil produk
kekurangan struktur organisasi funsional
• respon organisasi terhadap perubahan kondisi lingkungan agak lambat
• pengambilan keputusan menumpuk pada puncak organisasi
• koordinasi antar bagian/ fungsi tidak terlalu baik
• inovasi terbatas
• pandangan terhadap sasaran organisasi agak terbatas, anggota organiasai cenderung memperhatikan sasarn bagiannya sendiri
17.
18. job description divisi IT
• karyawan dalam pekerjaan ini berfungsi sebagai profesional teknologi informasi dan bertanggung jawab untuk berbagai proyek, program dan portofolio tugas. Dalam teknologi informasi ditunjuk kantor menejemen program di infrastruktur service (IS)divisi atau dibawah information officer (IO) dalam agency service(AS). Program2 manajemen kantor untuk IS dan AS melakukan manajeman portofolio program manajemen, menejemn proyek dan menyediakan operasi dan dukungan yang diperlukan dikantor – kantor yang ditunjuk ini menyediakan proyek perencanaan strategis , program dan portofolio manajemen, menyelaraskan keahlian dan sumber daya, memantau, megelola dan mengendalikan proyek- proyek lembaga dalam pengelolaan program yang ditunjuk kantor, dan menyediakan segala yang diperlukan manajemen untuk memenuhi portofolio / program / proyek persyaratan termasuk. Permintaan resmi, rilis , dan pengawasan jaminan mutu.
19. Job description divisi keuangan
Departmen keuangan dalam suatu struktur perusahaan berperan penting dalam mengurus keuangan , finansial, salary, dan pajak yang sangat berpengaruh terhadap biaya – baiaya yang dikeluarkan dan biaya – baiaya pemasukan perusahaan tersebut. Depatmen ini mengatur setiap peraliran dana yang mengalir ke depatmen2 yang lain dalam perusahaan. Departemen ini menghitung besarnya pajak dan membuat perencanaan keuangan bagi perusahaan untu jangka pendek maupun jangka pnjang.
20. Promosi demosi mutasi?
• Promosi yaitu penaikan jabatan sebagai bentuk performance appraisal, bisa juga berupa reward atau kenaikan gaji
• Demosi yaitu penurunan jabatan sebagai bentuk warning atau punishment
• Mutasi yaitu pemindahan jabatan yang setara,biasanya sebagai bentuk teknik memotivasi terkait dengan pengelolaan fungsi SDM.

0 comments: